4

Streaming Anime, Antara Copyright dan Menyalurkan Hobi

Hobi nonton anime sudah menjamur di Indonesia semenjak zaman dulu. Bahkan hampir semua kalangan yang lahir di tahun 1990an pasti memiliki satu atau dua judul anime favoritnya semasa kecil.

Sayangnya, sekarang hampir-hampir tak ada anime yang tayang di TV Indonesia, sehingga mau tak mau para pecinta program serialisasi ini haruslah merogoh kocek untuk nongkrong di anime steraming berbayar.

Menurut www.willoughbybrewing.com, setidaknya ada 7 anime streaming yang bisa kita sambangi secara legal sekaligus mendukung para animator tetap berkreasi.

Beberapa diantaranya adalah Crunchyroll, Netflix, Hulu, Funimation, Hidive, VRV, dan Amazon Prime Video. Sementara khusus untuk di Indonesia dengan subtitle bahasa kita bisa ditonton melalui Animax dan Aniplus.

Jika kamu ingin mendapatkan versi gambar yang lebih jernih serta bisa ditonton kapanpun tanpa harus menggunakan akses internet, maka haruslah membeli versi Blu-ray atau DVD.

Tapi ingat, kamu jangan menyiarkannya secara live di situs streaming seperti Youtube atau Twitch, karena bisa-bisa akan diburu oleh Copyright dan dituntut karena melanggar hak cipta.

Tak Boleh Reupload ataupun Live Stream

Anime Blu-ray dan DVD memang kita dapatkan dengan cara dibeli, tapi bukan berarti kita memiliki hak ciptanya, sehingga masih tidak diperbolehkan untuk di-reupload atau bahkan dijadikan acara live stream di akun kita.

Dalam kasus yang ringan, akun kita bisa saja dinonaktifkan atau di banned oleh pihak penyedia streaming site yang kita gunakan. Sementara kasus berat bisa membuat kita bermukim di penjara sambil membayar ganti rugi yang bisa bikin kita bangkrut.

Intinya, melakukan live stream anime baik di Twitch atau Youtube tidak diperbolehkan terkecuali kamu memiliki hak cipta atas anime tersebut, atau telah diberikan izin oleh yang memiliki hak ciptanya.

Blu-ray dan DVD dijual hanya sebagai konsumsi pribadi dan tak bisa dijadikan konsumsi publik apapun alasannya.

Jangan bercita-cita juga untuk membeli hak cipta sebuah anime, karena harganya bisa mahal gila! Terkecuali kamu sudah memiliki strategi untuk mengembalikan modal yang kamu keluarkan tersebut.