gambar unggulan

Menghemat listrik sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Namun sayangnya kita semua memang sudah terbiasa untuk boros listrik sehari-hari, apalagi sekarang semua hal bergantung pada listrik. Nah, bagaimana cara menghemat listrik untuk orang awam yang belum paham soal kelistirkan?

Ingatlah bahwa ada hubungan antara berapa banyak listrik yang Anda gunakan dan lingkungan Anda. Perubahan penghematan listrik pribadi Anda mungkin tampak kecil, tetapi semuanya bertambah. Selanjutnya, Anda akan menemukannya dengan mengikuti beberapa tips sederhana di atas. Anda tidak perlu terburu-buru keluar dan membeli produk hemat energi.

Anda akan menemukan penghematan energi yang sederhana seperti memperhatikan penggunaan di sekitar rumah, mengisolasi pemanas air Anda dan mengganti lampu pijar dengan yang hemat energi ketika saatnya tiba. Perubahan kecil seperti mematikan semua lampu sebelum Anda padam semuanya bertambah. Ini semua menghasilkan penghematan energi di sekitar rumah.

Sampai saatnya kita dapat sepenuhnya bergantung pada sumber energi hijau, kita semua dapat berkontribusi pada upaya kolektif kita untuk melestarikan sumber daya alam kita dan memperlambat efek pemanasan global.

Praktikkan beberapa tips kami di atas untuk menghemat listrik di rumah dan Anda akan membuat perbedaan sebelum Anda menyadarinya. Tagihan listrik Anda tidak hanya akan berterima kasih, tetapi Anda juga akan mengurangi jejak karbon Anda sambil melakukan bagian Anda untuk lingkungan.

Berbicara tentang pencahayaan, pengganti hebat lainnya adalah menukar lampu pijar dengan lampu neon kompak (CFL) atau lampu led. CFL menggunakan energi antara 50-80% lebih sedikit daripada lampu pijar biasa.

Anda akan menemukan ini lebih mahal untuk dibeli pada awalnya daripada bohlam biasa, yang menggunakan lebih banyak energi. Tapi, mereka akan bertahan lebih lama daripada yang biasa. Akibatnya, seiring waktu, biaya menjadi seimbang saat Anda menghemat lebih banyak energi. CFL sangat praktis untuk penerangan eksterior, yang mungkin Anda perlukan untuk dibiarkan menyala sepanjang malam.

Turunkan suhu kulkas Anda sedikit

Sebagian besar dari kita tidak terlalu memperhatikan suhu pengoperasian lemari es kita. Menyediakan, tentu saja, kami memiliki minuman dingin, dan sayuran tetap segar. Namun, ketika memperhatikan konservasi energi, menurunkan suhu beberapa derajat akan menghemat listrik.

Dengan sedikit penyesuaian pada termostatnya, lemari es Anda akan tetap menjaga semuanya tetap dingin dan segar, sementara perubahan kecil ini menghasilkan lebih sedikit penggunaan mesin untuk membantu mengurangi tagihan energi tersebut.

Jangan Berlebihan dalam Menggunakan AC

Banyak orang mengkonsumsi listrik sepanjang hari karena tidak ingin pulang ke rumah yang terlalu panas atau terlalu dingin. Dengan termostat yang dapat diprogram, salah satu peralatan paling hemat energi yang dapat Anda pasang, Anda dapat mengatur sebelumnya suhu rumah Anda pada waktu yang berbeda dalam sehari.

Misalnya, Anda dapat menjaga rumah Anda pada suhu tertentu sepanjang hari dan mengatur termostat yang dapat diprogram atau smart untuk memanaskan rumah Anda atau mengurangi suhu satu jam sebelum Anda tiba di rumah.

Jika Anda memiliki pemanas air yang menyimpan air panas, Anda juga dapat menggunakan timer untuk memanaskannya sebelum mandi pagi dan mencuci piring di malam hari. Mandi yang lebih pendek juga akan membantu.

Pendekatan ini akan membantu mengurangi kebutuhan AC atau pemanas untuk bekerja saat Anda tidak membutuhkannya, yang pada gilirannya menggunakan lebih sedikit energi. Tagihan energi Anda akan berterima kasih untuk itu.