5 1

Semua orang yang memiliki handphone berbasis android pasti pernah mengalami masalah serupa, yaitu ponsel yang begitu lemot, lagging, dan membutuhkan waktu lebih lama untuk merespon.

Handphone OPPO kita pun tentunya tak bisa lepas dari masalah klasik tersebut. Untungnya, masih ada oppotutorial yang bisa memberikan kita solusi terbaik agar ponsel kita menjadi lancar kembali layaknya barang baru.

Tips dan trik ini bahkan bisa kamu lakukan sekarang juga, tanpa harus membawanya ke konter atau service handphone, sehingga kita pun bisa menghemat pengeluaran.

Untuk lebih jelasnya, lakukan beberapa langkah berikut satu per satu agar handphone OPPO kamu sembuh dari kata lambat, lagging, atau bahkan hang.

  1. Reinstall Aplikasi. Ini dikhususkan jika yang berat itu hanya jenis aplikasi tertentu saja. Caranya mudah banget, cukup hapus dulu aplikasi yang berat tersebut, kemudian install kembali seperti biasanya. Namun perhatikan pula besaran aplikasi yang kamu gunakan, karena ada beberapa yang membutuhkan mesin super canggih sehingga membebani ponsel kamu secara keseluruhan.
  2. Tutup Aplikasi yang tak Diinginkan. Hindari multitasking dengan cara mengetuk ikon ‘kotak’, lalu hilangkan beberapa aplikasi yang tak digunakan.
  3. Hapus Cache dan Plugin. File sampah selalu memperlambat kecepatan operasi sistem HP OPPO kita secara nyata.
  4. Lakukan Security Scan. Gunanya untuk mengusir virus, spyware, dan malware yang seringkali membebani handphone OPPO kita.
  5. Gunakan Aplikasi Resmi. Hanya download aplikasi dari Google App Store atau OPPO Store.
  6. Kurangi Penggunaan Widget. Gunakan seperlunya saja.
  7. Perbarui ColorOS. Silahkan masuk ke pengaturan, lalu cek ‘pembaruan sistem’ untuk memastikan bahwa handphone OPPO kamu menggunakan software terbaru dan terupdate.
  8. Restart Handphone OPPO Secara Berkala. Ini ditujukan agar HP kita bisa membersihkan cache yang rusak dan mencegah bug aplikasi tertentu, sehingga bisa meningkatkan kecepatan secara efektif dan optimal.

Jangan lupa juga untuk menghindari penggunaan memori eksternal dengan ruang penyimpanan yang terlalu besar.

Ruang penyimpanan hingga di atas 64 GB haruslah diimbangi dengan kemampuan handphone OPPO itu sendiri. Jika tidak, maka akan mempengaruhi handphone kita dengan sangat parah.

By admin