5 Tips Mendapatkan Buah Naga yang Matang Sempurna

Buah naga menjadi pilihan buah favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Buah merah ini memiliki rasa yang menyegarkan karena kandungan airnya melimpah. Manfaat buah naga pun sangat beragam dan baik untuk kondisi tubuh. Jika ingin mengonsumsi buah naga secara rutin, pastikan Anda memilih buah naga yang sudah matang dan rasanya manis agar semakin nikmat.

Memilih Buah Naga

Agar Anda bisa mendapatkan rasa buah naga yang manis dan enak, maka pilihlah dengan benar sebelum membeli. Jika rasa buahnya manis dan segar maka Anda juga pasti akan lebih bersemangat mengonsumsinya, bukan? Berikut ini 5 tips yang bisa dicoba saat ingin mendapat buah naga manis dan matang:

1. Perhatikan Sisik Buah

Hal pertama yang bisa dilakukan saat memilih buah naga adalah memperhatikan sisiknya. Coba lihat bagaimana kondisi sisiknya, apakah sudah layu atau belum. Sangat disarankan untuk memilih buah naga yang sisiknya sudah agak layu namun warna buah masih cerah. Hindari memilih buah naga yang sisiknya terlalu layu hingga berwarna kecokelatan.

2. Periksa Warna Kulit

Lihatlah warna kulit buah naga sebelum membelinya. Jika ingin mendapatkan buah naga yang masih segar, maka pilihlah buah naga dengan kulit berwarna pink cerah. Pastikan juga warnanya merata dan mulus. Buah naga memiliki warna kulit yang cenderung merata, jadi tidak ada gelap sebelah atau cerah sebelah. Jika ingin mendapat manfaat buah naga yang optimal, pilih buah dengan warna pink mulus.

3. Tekan Bagian Batang

Untuk memastikan kesegaran buah naga, Anda juga bisa menekan bagian batang dari buah ini. Jika buah naga ini matang di pohon, bagian batangnya pasti akan terasa lunak ketika ditekan. Namun jika bagian batang masih terasa keras, kemungkinan besar buah tersebut dipetik dari pohon sebelum waktunya matang. Akibatnya, kualitas rasa buah pun akan menurun dan tidak terlalu enak.

4. Tekan Kulit Buah

Anda juga bisa menekan bagian kulit buah secara perlahan. Kekenyalan daging buah bisa menjadi indikator untuk melihat tingkat kematangan buah naga itu sendiri. Pilihlah buah naga yang tekstur kulit atau dagingnya empuk saat ditekan. Prinsipnya sama saja seperti buah alpukat dan mangga, jika teksturnya masih keras saat ditekan berarti belum begitu matang.

5. Cium Aromanya

Anda juga bisa mengetahui kesegaran buah naga dari aromanya. Jenis buah yang satu ini memiliki sensasi aroma yang ringan dan segar. Aroma ini hanya bisa muncul saat buah naga sudah matang sempurna. Jika masih mentah atau terlalu matang, aroma segar yang khas ini tidak akan bisa tercium.

Itulah 5 tips memilih buah naga yang segar dan matang sempurna. Manfaat buah naga ini sangat beragam sehingga Anda tak perlu ragu untuk memakannya secara rutin. Konsumsi buah naga sangat efektif membantu menjaga kesehatan dan menjadi sumber nutrisi.

By Maitsa